Makna Kehidupan

kupuBismillahirrahmaanirrahiim…

Manusia hidup di dunia ini diciptakan oleh Allah swt untuk menjadi Khafilah. Kehidupan ini bagaikan mata rantai yang saling “terkait” sehingga dapat berputar di dalam siklusnya. Jika kita sedikit merenung dan berdiam diri, segala peristiwa yang terjadi itu merupakan suatu hal… sebab dan  akibat . Satu peristiwa memaknai peristiwa lainnya. Seringkali kita tahu kejadian yang terjadi saat ini adalah merupakan akibat dari adanya kejadian-kejadian yang telah terjadi sebelumnya. Dan kita memahami peristiwa yang saat ini terjadi adalah untuk peristiwa yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Segala sesuatu hal yang datang pada kehidupan kita, selalu ada keputusan-keputusan dari berbagai pilihan-pilihan yang telah dipertimbangkan masak-masak dengan berbagai pemikiran dari berbagai sudut pandang. Keputusan tersebut harus paling tepat dan terbaik agar mata rantai kehidupan ini tetap saling tersambung sehingga motor kehidupan dapat terus bergerak.

Demikian juga dengan makna dari setiap peristiwa, bagaimana akal pikiran dan hati nurani saling berkolaborasi untuk dapat memahami setiap hal yang terjadi sehingga kita dapat mengambil hikmahnya.

Memiliki pemikiran bahwa di dalam kehidupan ini pasti ada hikmah yang terbaik tergantung kepada pola pikir yang dapat memberikan motivasi ke arah yang positif. Atau jika tidak dapat, kita terjatuh pada pola pikiran yang kusut bagaikan benang ruwet. Hal ini juga akan menyebabkan mata rantai kehidupan kita akan kusut, sehingga tidak jelas arahnya. Mata rantai kehidupan yang kusut menyebabkan pikiran kita tidak jernih. Permasalahan tidak dapat terurai, overlapping, tumpang tindih sehingga sulit mengambil keputusan.

Agar mata rantai kehidupan dapat berputar dengan baik dan sempurna diperlukan pelumas. Pelumas yang paling bagus adalah Iman kepada Allah swt. Karena dengan ber- Iman kepada Allah swt, kita akan melihat segala sesuatu dengan kejernihan pikiran serta keyakinan bahwa segala sesuatu hal yang terjadi pada kehidupan kita adalah hal yang paling terbaik yang diberikan Allah swt dan pasti akan memberikan makna sehingga kita akan senantiasa berpikiran dengan pola pikir yang sehat dan positif.

Segala peristiwa yang tiba-tiba hadir di dalam hidup ini, pasti terselip pesan yang tersembunyi dan suatu pelatihan dari waktu ke waktu agar menjadi pandai memaknai kehidupan. Sehingga segala keputusan yang kita ambil akan sempurna untuk kehidupan kita di masa yang akan datang.

Apapun keputusan yang kita ambil, akan menghasilkan sebuah perilaku atau tindakan . Jangan melupakan janji Allah swt, bahwa Allah swt membayar kita dengan lunas, sebutir debupun kebaikan akan dibayar lunas bahkan digandakan demikian sebaliknya.

Semoga kita semua dapat memaknai kehidupan ini. Aamiin…

Leave a Reply