Arti kebahagiaan dan kepuasan hidup

maslowMenurut Abraham Maslow kebutuhan dasar manusia seperti gambar piramida dibawah ini maslow

1.Kebutuhan Fisiologis / Kebutuhan Dasar : bernafas,tidur,makan, minum, kesehatan, tempat tinggal , pakaian, dll

2.Rasa Aman dan Perlindungan /Kebutuhan Ketenteraman Jaminan Hidup : adanya Hukum Negara yang melindungi dirinya,mempunyai pekerjaan dengan pendapatan yang baik , mempunyai Asuransi yang menanggung kalau ada satu kejadian yang tidak diharapkan .

3.Rasa Cinta Memiliki dan Dimiliki /Kebutuhan Sosial : Hubungan dalam satu masyarakat yang baik, berkeluarga, mempunyai teman, kemitraan, kecintaan.

4.Harga Diri /Adanya pengakuan terhadap dirinya : Adanya pengakuan yang berhubungan dengan penghargaan dirinya, status dirinya , dihormati , ada pujian, mempunyai kekayaan dan pengaruh.Adanya perasaan sukses dalam pekerjaan, merasa mental dan fisiknya dikagumi.

5.Aktualisasi Diri / Realisasi Diri : Yaitu bisa mengembangkan yang menurut dirinya baik atau bisa mengembangkan bakatnya sehingga merasa mencapai kesempurnaan.

Dan kalau Kebahagiaan dan Kepuasan Hidup tercapai, apakah akan berlaku secara permanen atau temporer ?

Kenapa saya bertanya apakah Kepuasan dan Kebahagiaan Hidup ini permanen (berlaku untuk selamanya) atau hanya temporer (berlaku sementara).

Menurut pendapat saya Abraham Maslow tidak memperhatikan tabiat manusia yaitu selalu penuh dahaga .Kedahagaan ,kehausan, keinginan , kemauan yang bermacam macam dan tak ada hentinya. Dengan tabiat ini juga yang menjadikan rasa puas hanya dalam waktu yang tertentu artinya hanya temporer.

Tabiat manusia yang selalu dahaga ini dikenal  serakah atau kebutuhan yang selalu tak terpenuhi (Insatiable needs)

Serakah ini adalah suatu penderitaan manusia yang sangat susah disembuhkan.           Jadi biarpun syarat menurut Maslow terpenuhi dengan adanya keserakahan ini akan menyebabkan  tidak akan tercapainya kehidupan puas dan bahagia yang permanen .

Naudzubillah…

Leave a Reply