Belajar untuk berubah

“…Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sampai kaum itu sendiri mau mengubah nasib mereka sendiri…”
(QS. Ar-Ra’d [13]: 11)

Perubahan bukan  proses kompetitif dengan orang lain, perubahan adalah proses berdamai dengan diri sendiri dan memberi kesempatan agar diri mencapai tujuan, karena setiap tujuan hidup seseorang itu berbeda maka seseorang harus jujur dengan dirinya sendiri.

Berubah itu sulit sekali, apalagi kalau yang akan kita rubah adalah sesuatu yang bagi kita membuat kita merasa enjoy…tenang…tentram…Kecuali kalau perubahan itu kita lakukan tidak adanya keterpaksaan…berjalan secara alami…dan penuh dengan kebahagiaan sehingga kita tidak merasa hanya tiba-tiba kita telah berubah dan mindsetnya turut berubah dari perbuatan yang penuh sia-sia ke perbuatan yang bermakna. Untuk hal ini ada peran seseorang yang telah membantu… karena tanpa bantuannya kita tidak mungkin dapat menjadi seperti ini.

Terus bagaimana untuk perubahan yang lainnya…menyangkut masa depan..investasi kesehatan… ini perlu dipikirkan secara masak-masak…dapatkah kita ber-disiplin diri… dapatkah mencapai tanpa merasa terbeban…bagaimana caranya…

Mengerti kebutuhan diri sendiri… mengerti bagaimana mengelola emosi… sehingga tidak berimbas pada hal-hal yang lain… itulah kuncinya. Sampai saat ini belum tahu caranya. Mudah-mudahan dalam jangka waktu yang dekat dapat mengetahuinya sehingga tercapai perubahan-perubahan yang lainnya…dari hal-hal yang negatif ke hal-hal yang lebih baik serta baroqah ada nilai ke-berkahannya. Amin Ya Robbal Alamiin….

Leave a Reply