Kisah Cinta BJ. Habibie dan Ainun Habibie

Penulis: B.J. Habibie
Penerbit: The Habibie Centre, Jakarta, November 2010
Halaman: xi + 319 halaman
Penulisan buku ini merupakan kisah perjalanan Habibie dengan Ainun semenjak masih muda dan sampai akhirnya Ainun wafat di Jerman.
The big you and the small I… begitulah selalu, kalimat yang kerap terlontar dari Almarhumah Ainun Habibie. Rangkai kata inilah yang kemudian terwujud selama 48 tahun plus 10 hari bersama suami tercinta: Prof. DR. Ing. B.J. Habibie. Dalam buku ini, termaktub pijaran kisah, tentang Ainun Habibie, yang rela berposisi sebagai the small I, untuk menopang kebesaran orang yang ia cintai (the big You, B.J. Habibie).
Rangkaian pertanyaan yang dijawab tuntas buku ini, tak lain adalah siapa sesungguhnya Ainun, dan mengapa Habibie mengaku mengalami gejala psikomatik, sehingga harus menuliskan kisah-kisah pedih paska kepulangan Ainun? Di halaman pengantar buku ini, Habibie menulis:
“Bagi saya pribadi, menulis buku ini, telah menjadi terapi untuk mengobati kerinduan. .. Karena antara saya dan Ainun adalah dua raga tetapi dalam satu jiwa. Selain itu, saya memenuhi anjuran dokter di Hamburg, Muenchen dan Indonesia, bahwa saya harus menghindari gangguan psikomatik, sebuah penyakit yang erat kaitannya dengan gejala fisik, psikis, dan sosial.”
“Subhanallah…”
Puisi cinta beliau dapat dibaca disini : Puisi cinta Bapak BJ Habibie untuk Almh
This entry was posted in Buku, Pembelajaran Diri, Tokoh teladan and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply